Membuat Flowchart dan Program C++ Untuk Konversi Suhu Dari Celcius ke Fahrenheit, Reamur, dan Kevin



Assalamualaikum Wr. Wb.

Hallo gan, pada postingan kali ini saya akan membagikan tutorial membuat Flowchart dan Program untuk Konversi Suhu. Flowchart dan Program c++ ini adalah soal No. 2 pada postest minggu pertama dalam praktikum Algoritma Pemrograman. Dalam flowchart yang saya bagikan ini, saya menggunakan software Raptor dan untuk Bahasa c++ saya menggunakan Dev-c++ . Silahkan download terlebih dahulu jika belum mimiliki.

Flowchart ini adalah diagram alur untuk mengkonversi Suhu dari jam Celcius ke Fahrenheit, Reamur, dan Kelvin. Untuk dapat membuat nya maka hal pertama yang perlu kita lakukan adalah menganalisis pengkonversian suhu, seperti untuk mengkonversi Celcius ke Fahrenheit maka rumusnya (9/5*Celcius+32) ,  jika ingin mengkonversikan dari Celcius ke Reamur maka rumusnya (4/5*celcius), dan jika ingin mengkonversi  Celcius ke Kelvin maka rumusnya (celcius+273).

Saya akan membagikan flowchart konversi suhu dari Celcius ke Fahrenheit, Reamur dan Kelvin. Jika agan-agan ada yang ingin bertanya bisa berkomentar dibawah. Saya akan membagikan screenshoot nya agar lebih jelas. Oke, marilah kita membuat flowchartnya gan. :)

1. Buka Program Raptor

2. Lalu buat alurnya seperti berikut :



Penjelasan :

Pertama kita meminta inputan suhu Celsius kepada user yang disimpan dalam variable celcius, kemudian kita buat 3 buah proses, proses yang pertama yaitu untuk mengkonversikan suhu dari celcius ke Fahrenheit yaitu dengan rumus (9/5*celcius+32), proses yang kedua yaitu untuk mengkonversikan suhu dari celcius ke reamur yaitu dengan rumus (4/5*celcius) , dan proses yang ketiga yaitu mengkonversi dari celcius ke Kelvin yaitu dengan rumus (celcius+273).

Setelah itu kita membuat output dari ketiga proses tersebut yaitu hasil koversi dari celcius ke Fahrenheit, Reamur dan Kelvin.

Dibawah ini adalah hasil ketika di running :



Oke, kemudian kita akan membuat programnya dalam bahasa c++, yang pertama kita buat adalah algoritmaanya terlebih dahulu seperti di bawah ini :

Algoritma konversi_suhu
deklarasi :
 
celcius, reamur, fahrenheit, kelvin : float
 
deskripsi :
 
read (celcius )
 
fahrenheit ← celcius*9/5+32
reamur  ← celcius*4/5
kelvin ← celcius+273
 
write (fahrenheit)
write (reamur)
write (kelvin)


Penjelasan : 

pertama, kita  mendeklarasikan 4 variabel yang diberi nama masing-masing adalah : (celius, reamur, fahrenheit, kelvin) yang bertipe data float (bilangan real/berkoma). kemudian, kita meminta inputan kepada user berupa suhu dalam celcius. selanjutnya kita akan memproses inputan tersebut dengan rumus konversi ke fahrenheit, reamur, dan kelvin. kemudian, kita akan mengeluarkan/output hasil konversinya menjadi suhu dalam fahrenheit, reamur, dan kelvin.

Kemudian kita buat program dalam bentuk c++ seperti dibawah ini :

 1
 2
 3
 4
 5
 6
 7
 8
 9
10
11
12
13
14
15
16
#include <iostream>
using namespace std;

int main(){
           
            float celcius, reamur, fahrenheit, kelvin;
           
            cout<<"Masukan Suhu dalam Celcius : ";
            cin>>celcius;
            cout<<"\nKonversi Dalam Fahrenheit : "<<(celcius*9/5)+32;
            cout<<"\nKonversi Dalam Reamur     : "<<celcius*4/5;
            cout<<"\nKonversi Dalam Kelvin     : "<<celcius+273;
           
            return 0;
           
}

Dan hasil running nya akan seperti ini :



Ini saya akan  akan bagikan file raptor dan c++ nya di link di bawah ini. silahkan download dan di ekstrack terlebih dahulu file rar nya..

https://drive.google.com/open?id=1o0TQr0m1st_fb939hVlridCXWIjUPhrT


Demikianlah tutorial membuat Flowchart dan  program Konversi suhu dari celcius ke Fahrenheit, Reamur, dan Kelvin. Semoga dapat bermanfaat :)

Wassalamualaikum Wr. Wb.


1 komentar:

© 2020 Pak Aditya. Diberdayakan oleh Blogger.