Membuat Program Kalkulator Sederhana

Assalamualaikum Wr.Wb.

Pada postingan kali ini, saya akan membagikan sebuah tutorial mengenai cara membuat program kalkulator sederhana menggunakan bahasa pemrograman C++. Seperti kita ketahui, ada banyak IDE untuk bahasa C++, namun pada tutorial ini saya akan menggunakan sebuah IDE yaitu Dev C++. Langsung saja ketutorial dibawah gan…
Saya akan menjelaskan steps by steps :
  1. Langkah pertama, buka Program Dev C++ dengan cara pilih Start>all program lalu cari Dev C++, atau bisa juga dengan cara double klik pada shortcut Dev C++
  2. Setelah DEv C++ terbuka lalu Klik File>New>New Source File> , atau bisa juga dengan cara Ctrl N
  3. Kemudian kita tuliskan syntax dibawah ini..
untitled


Penjelasan berdasarkan penomoran kode program :

untitldfdfed
  1. fungsi mengetikan # include <iostream> adalah untuk memanggil library untuk dapat bisa mengetikan cout, cin, dll. Pada C++ include digunakan untuk mengawali program.
  2. Sedangkan  using namespace std; digunakan untuk dapat menggunakan cout dan cin tanpa harus menuliskan std:: berulang-ulang.
  3. int main() , fungsi yang digunakan untuk memulai menuliskan code program c++.
  4. tanda { digunakan untuk memulai menuliskan code program didalamnya. Setiap code program yang ditulis harus berada diantara tanda { dan }.

untitledsasdd
      5. Ini adalah tahap pendeklarasian variabel, kita akan menggunkan 4 variabel yaitu, variabel x,y   
digunakan       untuk  menyimpan inputan dari user
      6. variabel a,b,c digunakan untuk menyimpan hasil.   
 untitsdfsdfled 
     7. kita beri jarak agar lebih mudah dalam pembacaan code.
     8. cout berfungsi menampilkan tulisan “Masukan Bilangan Pertama = ” pada layar. Setiap statement dalam bahasa c++ harus diakhiri dengan tanda ;
     9. cin berfungsi untuk meminta inputan kepada user untuk menginputkan nilaiyang disimpan pada variabel x .
     10. cout berfungsi untuk menampilkan tulisan ” Masukan Bilangan Kedua = ” pada layar.
     11. cin berfungsi untuk meminta inputan kepada user untuk menginputkan nilai yang disimpan pada variabel y.
     untitlasdased
     12. kita beri jarak untuk lebih memudahkan pembacaan code.
     13. pada tahap ini kita deklarasikan operator aritmatika, variabel a digunakan untuk menyimpan hasil dari nilai variabel x dikurang nilai variabel y.
     14. deklarasikan operator aritmatika, variabel b digunakan untuk menyimpan hasil dari nilai variabel x dikali nilai variabel y.
    15. deklarasikan operator aritmatika, variabel c digunakan untuk menyimpan hasil dari nilai variabel x dibagi nilai variabel y.
unasdasdtitled
    16. kita beri jarak untuk memudahkan pembacan code.
    17. cout berfungsi untuk menampilkan tulisan “========================” pada layar. fungsi endl; untuk membuat baris baru.
    18. cout berfungsi untuk menampilkan tulisan “======Hasil Perhitungan=====” pada layar. fungsi endl; untuk membuat baris baru.
    19. cout berfungsi untuk menampilkan tulisan “========================” pada layar. fungsi endl; untuk membuat baris baru.
untiasdastled
    20.beri jarak untuk memudahkan pembacaan code program.
    21. cout berfungsi untuk menampilkan tulisan “- Pengurangan = ” dan menampilkan hasil perhitungan operator aritmatika yang disimpan pada variabel a. fungsi endl; untuk membuat baris baru.
    22. cout berfungsi untuk menampilkan tulisan “- Perkalian = ” dan menampilkan hasil perhitungan operator aritmatika yang disimpan pada variabel b. fungsi endl; untuk membuat baris baru.
    23. cout berfungsi untuk menampilkan tulisan “- Pengurangan = ” dan menampilkan hasil perhitungan operator aritmatika yang disimpan pada variabel c. fungsi endl; untuk membuat baris baru.
untitlasdasded
    24. kita berikan jarak lagi untuk memudahkan pembacaan code.
    25. fungsi code return 0; adalah agar layar konsole tidak langsung menutup pada saat program di jalankan.
    26. fungsi tanda } digunakan untuk mengakhiri kode program (diantara tanda { dan tanda })
 Setelah selasai menuliskan kode program, simpan program terlebih dahulu dan program bisa langsung di jalankan dengan cara pilih compile&run atau bisa juga dengan menekan tombol f11. Seperti inilah hasil running program nya…

ksdfksydgfkuasdckfadgkf

Itulah cara membuat Kalkulator Sederhana menggunakan bahasa pemrograman C++, semoga bermanfat bagi kawan- kawan semua. Jika ada kekurangan saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Tidak ada komentar

© 2020 Pak Aditya. Diberdayakan oleh Blogger.