Program Menghitung Keliling Lingkaran, Luas Permukaan Lingkaran, dan Volume Balok, Luas Permukaan Balok


Assalamualaikum Wr. Wb.

Hallo para pengunjung blog pak-aditya,  kali ini saya ingin membagikan sebuah flowchart dan program c++ untuk membuat Program Menghitung Keliling Lingkaran, Luas Permukaan Lingkaran, dan Volume Balok, Luas Permukaan Balok . Ini adalah tugas praktikum saya pada minggu ke 3 yaitu soal postest. Dibawah ini saya akan sajikan bagaimana cara membuat sebuah flowchart dan program c++ nya untuk Program Menghitung Keliling Lingkaran, Luas Permukaan Lingkaran, dan Volume Balok, Luas Permukaan Balok.

Sebelum kalian membuat program ini siapkan terlebih dahulu tools yang akan kita gunakan yaitu ada aplikasi Raptor dan Dev-c++. Silahkan kalian download jika belum punya. Kemudian instal kedua program tersebut seperti biasa. Kemudian coba jalankan terlebih dahulu, apabila berjalan dengan baik maka kita bisa lanjut ke step berikutnya.

Saya sarankan untuk membaca tutorial ini secara urut dan membuat program nya dengan mengetik sendiri ( tanpa copas ), agar kalian dapat memahami alur programnya. Setelah program telah bisa running kalian bisa memodifikasi programnya sesuka kalian. Oke, marilah kita mulai pembuatn flowchart dan Tanggal, Bulan, dan Tahun Kelahiran :)

Berikut langkah - langkah nya :

1. Buka Aplikasi Raptor

2. Buat diagram alurnya seperti dibawah ini


Penjelasan :

Pertama kita ingin meminta inputan berupa : jari2 = r, panjang = p, lebar = l, tinggi = t. Selanjutnya kita membuat proses dengan rumus untuk keliling lingkaran adalah kl = 2*3.14*r , dan untuk Luas permukaan Lingkaran adalah 3.14*(r*r) , dan untuk Volume Balok adalah p*l*t , serta untuk luas permukaan balok yaitu (2*(p*l)*(2*(p*t)*(2*(l*t)) Kemudian kita mengeluarkan (output) berupa Keliling Lingkaran, Luas Permukaan Lingkaran, Volume Balok, dan Luas Permukaan Balok.

Setelah jadi flowchartnya, cobalah dirunning, maka hasil runningnya akan seperti dibawah ini :


Kemudian kita akan membuat program c++ nya, maka langkah pertama kita membuat algoritma nya dahulu, seperti di bawah ini :

Algoritma_Overload


Deskripsi :


Kelas_Balok


r, kel, per : float


Fugsi_keliling_lingkaran


  kel ← 2*3.14*r


Fugsi_luas_peermukaan_lingkaran 


  per ← 3.14*(r*r)


Kelas_Balok


Fungsi_volume_balok 


vol←p*l*t


Fungsi_luas_permukaan_balok


permu←(2*(p*l))*(2*(p*t))*(2*(l*t))


istream lingkaran

read(r)


ostream lingkaran

write ( Fugsi_keliling_lingkaran ,  Fugsi_luas_peermukaan_lingkaran )


istream_balok

read(p,l,t)


ostream_balok

write ( Fungsi_volume_balok , Fungsi_luas_permukaan_balok )


Deklarasi :


Nama_kelas_lingkaran



read(r) 

write ( Fugsi_keliling_lingkaran ,  Fugsi_luas_peermukaan_lingkaran ) 


Nama_kelas_balok

read(p,l,t)

write ( Fungsi_volume_balok , Fungsi_luas_permukaan_balok )

Penjelasan :

Kita membuat 1 variabel berupa r yang bertipe data float untuk Lingkaran dan 3 variabel yaitu p,l,t untuk Balok . Kemudian kita ingin meminta inputan
r,p,l,t kemudian mengeluarkan (output) berupa Keliling Lingkaran, Luas Permukaan Lingkaran, dan Volume Balok, serta Luas Permukaan Balok.

Selanjutnya kita akan buat program nya menggunakan tools dev-c++ seperti dibawah ini :

  1
  2
  3
  4
  5
  6
  7
  8
  9
 10
 11
 12
 13
 14
 15
 16
 17
 18
 19
 20
 21
 22
 23
 24
 25
 26
 27
 28
 29
 30
 31
 32
 33
 34
 35
 36
 37
 38
 39
 40
 41
 42
 43
 44
 45
 46
 47
 48
 49
 50
 51
 52
 53
 54
 55
 56
 57
 58
 59
 60
 61
 62
 63
 64
 65
 66
 67
 68
 69
 70
 71
 72
 73
 74
 75
 76
 77
 78
 79
 80
 81
 82
 83
 84
 85
 86
 87
 88
 89
 90
 91
 92
 93
 94
 95
 96
 97
 98
 99
100
101
102
103
104
105
106
107
108
#include <iostream>
using namespace std;

class Lingkaran{
    
    friend istream& operator >> (istream&, Lingkaran&);
    friend ostream& operator << (ostream&, Lingkaran&);
    
    private:
        float r, kel, per;
    public:
        
        int keliling(){
            kel=2*3.14*r;
            return kel;
        }
        int luas(){
            per=3.14*(r*r);
            return per;
        }
    
};



class Balok{
    
    friend istream& operator >> (istream&, Balok&);
    friend ostream& operator << (ostream&, Balok&);

        private:
        float p,l,t, vol, permu;
        
    public:
        
        int volume(){
            vol=p*l*t;
            return vol;
        }
        int permukaan(){
            permu=(2*(p*l))*(2*(p*t))*(2*(l*t));
            return permu;
        }
            
};


istream& operator >> (istream& adit, Lingkaran& angga){
    cout<<"+++LINGKARAN+++"<<endl;
    cout<<"===============";
    cout<<"\nMasukan Jari - Jari : ";
    adit>>angga.r;
    return adit;
}


ostream& operator << (ostream& tif, Lingkaran& uad){
    tif<<"\nJari - Jari : "<<uad.r<<endl;
    tif<<"Keliling Lingkaran : "<<uad.kel<<endl;
    tif<<"Luas Permukaan Lingkaran : "<<uad.per;
    return tif;
    
}



istream& operator >> (istream& aditya, Balok& anggar){
    cout<<"\n\n+++++BALOK+++++"<<endl;
    cout<<"===============";
    cout<<"\n\nMasukan Panjang : ";
    aditya>>anggar.p;
    cout<<"Masukan Lebar : ";
    aditya>>anggar.l;
    cout<<"Masukan Tinggi : ";
    aditya>>anggar.t;
    return aditya;
}

ostream& operator << (ostream& tifu, Balok& uade){
    tifu <<"\n\nPanjang : "<<uade.p<<endl;
    tifu<<"Lebar : "<<uade.l<<endl;
    tifu<<"Tinggi : "<<uade.t<<endl;
    tifu<<"Volume Balok : "<<uade.vol;
    tifu<<"\nLuas Permukaan Balok : "<<uade.permu;
    return tifu;


}
int main(){
    
    Lingkaran satu;
    Balok dua;
    
    
    cin>>satu;

    satu.keliling();
    satu.luas();
    cout<<satu;
    
    cin>>dua;
    dua.volume();
    dua.permukaan();
    
    cout<<dua;
    
    return 0;
}
 

Setelah itu coba running programnya, jika berhsil maka akan seperti berikut ini :


   
Dibawah ini saya akan bagikan file raptor dan c++ nya di link download di bawah ini, silahkan download dan ekstrack terlebih dahulu file rar nya.
 
https://drive.google.com/open?id=1zsqUj-V_LMCqIN-T5sETLnWi8bv185q4
 
Demikianlah tutorial yang dapat saya bagikan pada kesempatan ini. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika ada yang kurang atau salah saya mohon maaf. Sampai bertemu di tutorial selanjutnya. :)

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar

© 2020 Pak Aditya. Diberdayakan oleh Blogger.